Sabtu, 19 Agustus 2017

Sembuluh DETIK DETIK PROKLAMASI RI 72

Sembuluh, 18 Agustus 2017, 16.00 WIB
Oleh : Silpanus

Barisan Para Guru Di Peringatan Detik Detik Proklamasi
Lapangan Kertapati
Peringatan detik detik proklamasi kemerdekaan RI yang 72 di laksanakan di lapangan Kertapati dihadiri oleh beberapa unit instansi yang ada di Desa Sembuluh I dan Desa Sembuluh II, bertindak sebagai inspektur upacara bpk. Heri Subrata, S.Kom Sekretaris Desa Sembuluh I sementara Kepala Desa Sembuluh I dan Kepala Desa Sembuluh II mengikuti undangan Camat untuk menghadiri peringatan detik detik proklamasi di Desa Telaga Pulang yang merupakan induk Kecamatan Danau Sembuluh, sebagai komandan upacara Lasri, siswa kelas XII SMAN-1 Danau Sembuluh, pasukan pengibar bendera (Paskibra) dari siswa SMAN-1 Danau Sembuluh, dan kelompok paduan suara dibawakan oleh siswa siswi SMPN-2 Danau Sembuluh. Kehadiran peserta upacara didominasi oleh para pelajar yang bersekolah di Desa Sembuluh I dan Desa Sembuluh II dari tingkat SD sampai SMA/SMK.


Peserta Upacara Hari Kemerdekaan RI 72
Pelaksanaan upacara di mulai pukul 07.00 WIB, semua peserta upacara di atur berdasarkan posisi barisan yang ditetapkan oleh pihak desa agar lebih teratur, beberapa orang dari unit instansi Dinas Kesehatan yang sebagian besar pegawai dan staf puskesmas Danau Sembuluh selalu siaga dengan mobil ambulance berjaga jaga untuk  siap memberikan bantuan medis bagi peserta yang merasa kelelahan saat mengikuti upacara peringatan detik detik proklamasi, tim medis ini selalu mendapat pengawasan dari bpk. Sutrismo yang juga sebagai koordinator lapangan untuk tim medis. Beberapa orang guru ditiap barisan peserta didik juga standbye berjaga jaga untuk mengawasi setiap peserta didiknya yang terlihat beberapa peserta didik sudah satu persatu di bawa ke pos medis. Cuaca saat pelaksanaan upacara nampak bersahabat sehingga tidak terasa terik matahari karena tertutup gumpalan awan awan mendung. Satu persatu proses detik detik peringatan proklamasi berjalan dengan hikmat, pasukan pengibar bendera juga menyelesaikan tugasnya dengan baik.

Tim Medis Siaga Di Upacara Kemerdekaan RI 72
Dalam teks pidato yang dibacakan oleh sekdes selaku inspektur upacara, secara umum lebih menekankan kepada bidang pendidikan, khususnya kepada para guru yang merupakan tenaga pengajar dan pendidik para generasi generasi muda, dalam amanatnya beliau berharap agar selalu memberikan hal hal yang positif dan suri tauladan yang baik kepada generasi muda khususnya dalam mengenang jasa jasa para pendahulu yang menjadi pahlawan bangsa dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan dengan tumpah darah, dan dalam mengisi pembangunan di zaman kemerdekaan dengan berbagai ilmu pengetahuan dan penekanan akhlak yang semakin baik agar bangsa kita yang besar yakni Indonesia menjadi bangsa yang benar benar di kagumi oleh bangsa bangsa di dunia, sebab lanjut beliau bahwa perbuatan perbuatan baik yang di tunjukan oleh peserta didik merupakan representatif dari budi pekerti para guru di setiap sekolah masing masing.

Penerima Penghargaan Di Upacara HUT RI 72
Pada bagian akhir dari peringatan detik detik proklamasi yang di laksanakan di lapangan Kertapati Desa Sembuluh, inspektur upacara yang di wakili oleh Sekretaris Desa Sembuluh I dan juga atas nama pemerintahan Desa Sembuluh I, memberikan penghargaan kepada putra putri terbaik khususnya para pelajar yang memiliki prestasi di sekolah masing masing, peserta didik terbaik yang mewakili SDN-1 Sembuluh I, SDN 1 Sembuluh II, SDN II Sembuluh I, MTs Assatiyah, SMPN-2 Danau Sembuluh, SMA Negeri-1 Danau Sembuluh dan peserta didik dari SMK Kertapati. Penghargaan yang diberikan disaksikan secara langsung oleh semua peserta upacara yang mengikuti kegiatan upacara tersebut.




Para Guru Di Desa Sembuluh
Penghargaan yang diberikan Desa kepada peserta didik merupakan hal yang terbaik yang sepatutnya menjadi standar untuk ditingkatkan menjadi lebih baik lagi. Artinya penghargaan bukan hanya sekadar di berikan kepada para peserta didik, tetapi juga perlu di pertimbangkan untuk memberikan penghargaan kepada para guru, jika di perhatikan bahwa banyak hal yang bisa di jadikan inspirasi bagi pihak desa untuk memberikan penghargaan kepada para guru, salah satu contoh adalah dengan mempersiapkan corporate sosial responsibilty (CSR) Desa yang sudah bekerja sama dengan pihak perusahaan perkebunan, untuk memberikan insentif kepada guru yang bersatus honorer dan tentu harus dilakukan dengan berdasarkan pertimbangan dan proses yang ada, sehingga tidak terkesan asal beri, mengingat penghargaan tersebut merupakan bentuk CSR Desa, sehingga peran Pemerintahan Desa terhadap para guru guru yang berstatus honorer sekolah (komite sekolah) yang bergantung dari keuangan sekolah dapat terbantu. Begitu juga untuk tenaga medis yang berstatus honorer yang insentifnya benar benar dari kas unit instansi tersebut. Jika setiap tahun pada saat peringatan hari kemerdekaan para guru honorer atau tenaga medis honorer mendapatkan bantuan CSR Desa, minimal setiap tahun mendapatkan satu orang bantuan CSR khusus insentif, maka program timbal balik Dari Desa, Oleh Desa dan Untuk Desa benar benar menjadi terwujud.

Para Pelajar Di Desa Sembuluh
Hal lain yang juga bisa menginspirasi Pemerintahan Desa yakni pada saat peringatan hari kemerdekaan RI adalah dengan memberikan penghargaan kepada guru atau tenaga medis, yang menurut pantauan Pemerintah Desa sudah memberikan bentuk pengabdian kepada Desa selama mengabdikan dirinya untuk membangun Desa, baik yang bersifat fisik maupun yang sudah berkontribusi  besar terhadap kemajuan program program Desa, bagi seorang guru atau tenaga medis jika mendapatkan penghargaan dari Desa di momentum peringatan hari kemerdekaan bahkan dari sekian banyak guru dan tenaga medis yang ada, terpilih untuk mendapatkan penghargaan adalah hal yang tak ternilai, bahkan dapat menjadikan motivasi bagi para guru dan tenaga medis lainnya untuk lebih berkiprah dalam pembangunan Desa. Hal ini mudah saja di lakukan oleh Pemerintahan Desa, sebab untuk mendapatkan sumber dalam memenuhi program tersebut bisa bekerjasama dengan pihak perusahan Perkebunan, mengingat Desa Sembuluh I dan Desa Sembuluh II pasti akan mendapat support dari beberapa perusahan perkebunan yang berada di kedua wilayah ini, sebab apa yang di programkan jelas dan sesuai dengan program corporate sosial responsibilty (CSR) pihak Desa.


DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA YANG KE 72. MERDEKA!!!

Berita Senada

Tidak ada komentar:

LAUK KAPAR

           PILIHAN GANDA 1.       Cepat atau lambatnya air meresap ke dalam tanah melalui pori-pori tanah baik ke arah horizontal maupun k...